Strategi Gereja Menciptakan Kemandirian Ekonomi melalui Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Jemaat

  • Markus Kusni Sekolag Tinggi Teologi STAPIN Majalengka
Keywords: Entrepreneurhip, Strategi Gereja, Mandiri

Abstract

 Abstrak Gereja dalam menjalankan Amanat Agung Kristus dan sebagai rekan sekerja Allah dalam menjalankan misi Allah di dunia memiliki peran dan tanggung jawab dalam pertumbuhan jemaat baik secara jasmani maupun rohani agar dapat menjadi jemaat yang mandiri dan hal ini terletak kepada pemimpin gereja apakah pemimpin tersebut kreatif dan inovatif dalam menemukan strategi-strategi yang tepat guna dan tepat sasaran. Salah satu strategi yang dapat gereja terapkan untuk menciptakan jemaat yang mandiri adalah dengan mengembangkan jiwa Entrepreneurship atau kewirausahaan jemaat gereja terutama pada masa era digitalisasi dan masa pandemi covid-19 dimana dunia sedang mengalami krisis ekonomi dan banyak perusahaan yang mengurangi karyawannya bahkan sampai harus menutup perusahaanya sehingga banyak orang yang tidak bekerja hal ini sangat berdampak terhadap banyak orang. Gereja berperan penting untuk mengajarkan kewirausahaan kepada jemaat sehingga mereka tidak lagi berpikir sebagai seorang pegawai atau karyawan namun mereka memiliki paradigma sebagai pencipta lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Setelah jemaat mandiri serta dapat bertumbuh secara jasmani dan rohani maka akan menghasilkan pertumbuhan gereja setempat terutama pada masa pandemi Covid-19 dan pasca covid-19. Metode yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif yang menggunakan sistem library research yaitu studi keperpustakaan dalam mengumpulkan bahan-bahan referensi yang dijadikan acuan dalam penulisan ini. Kata kunci: Entrepreneurhip, Strategi Gereja, Mandiri

References

Benny Santoso. “‘Social Media Sebagai Sarana Penginjilan Respon Gereja Masa Pandemic Covid - 19’” (2020).
Candra Wijaya, Dr, and Muhammad Rifa’i. Dasar Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif Dan Efesien. Perdana. Medan: Perdana Publishing, 2016.
D Dujerslaim Lilo. “Misi Gereja: Menjangkau Yang Tidak Terjangkau Di Era Dan Pasca Pandemi Covid-19.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 3, no. 2 (2020): 204–217.
Gunawan, Ahmad. “Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang.” Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma 1, no. 1 (2020): 38–45.
H. E. R. Siahaan. “Aktualisasi Pelayanan Karunia Di Era Digital.” . EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (2018): 23.
H. Suwardhana. “Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental.” ATI UNIK 1, no. 2 (2017): 102–110.
Kusni, Markus. “Jiwa Entrepreneurship Pemimpin Dalam Penatalayanan Gereja.” Pneumatikos Jurnal Teologi Kependetaan 10, no. 2 (2020): 160–175.
M. Ahmad. “Hubungan Potensi Akal Dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al- Thariqah 2, no. 1 (2017): 51–72.
Pasande, Purnama, and Ezra Tari. “Peran Gereja Dalam Pengembangan Program Kewirausahaan Di Era Digital.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 1 (2019): 38–58.
Paul Hersey and Kenneth H. Blanchard. Management of Organizational Behavior. New Jersey: Englewood Cliffs. New jersey: Eaglewood Cliffs, 1988.
R. P. Sitompul. “Pelayanan Pemuda Di Era Teknologi Digital.” Jurnal Antusias 5, no. 1 (2017).
Rufaidah, Erlina. Strategi Inovasi Dan Kreativitas Berwirausaha Era Revolusi 4 . 0. Vol. 0. Bandung: Alfabeta, 2020.
S P. Siagian. Teori Dan Praktek Kepemimpinan. Rineke Cipta, Jakarta, 2003.
Saidiyah, S., & Julianto, V. “Problem Pernikahan Dan Strategi Penyelesaiannya: Studi Kasus Pada Pasangan Suami Istri Dengan Usia Perkawinan Di Bawah Sepuluh Tahun.” Jurnal Psikologi Undip 15, no. 2 (2017): 124.
Serian Wijatno. Pengantar Entrepreneurship. Jakarta: Grasindo, n.d.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Suryana. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat, 2003.
Susanto Dwiraharjo. “‘Konstruksi Teologis Gereja Digital: Sebuah Refleksi Biblis Ibadah Online Di Masa Pandemi Covid-19,’ EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani 4, No. 1 (2020): 1–17, Http://Www.Stttorsina.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Epigraphe/Article/View/145.” EPIGRAPHE Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 3 (2020).
T. Nababan. “Gereja Dan Kesejahteraan Warga Dalam Perspektif Ekonomi Kerakyatan.,” 2011.
T.W Zimmerer, N. M. Scarborough, D. Wilson. Essentials of Enterpreneurship and Small Bussiness Management. New Jersey: Pearson Pretice Hall Inc. New jersey: Pearson Pretice Hal Inc, 2008.
Tafonao, Talizaro. “Pendidikan Kewirausahaan Bagi Warga Gereja Di Era Digital.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2020): 127–146.
Tulung, Jeane Marie, Achmad Syahid, Yanice Janis, and Yan O. Kalampung. Generasi Milenial: Diskursus Teologi, Pendidikan, Dinamika Psikologis Dan Kelekatan Pada Agama Di Era Banjir Informasi. 1st ed. Depok: RAJAGRAFINDO PERSADA, 2019.
Winardi. Asas-Asas Manajemen. Bandung: Mandar Maju, 1990.
Y. Afandi. “Gereja Dan Pengaruh Teknologi Informasi “Digital Ecclesiology.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 270–283.
Y. D. A. Laukapitang. .“.TEOLOGI PEMBANGUNAN BERBASIS PENGEMBANGAN MASYARAKAT SHALOM PADA GEREJA KEMAH INJIL INDONESIA DAERAH KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR.” Jurnal Jaffray 14, no. 2 (2016): 242–268.
Yakob Tomatala. Spiritual Entrepreneurship Anda Juga Bisa Menjadi Entrepreneur Rohani. Jakarta: YT Leadership Foundataion, 2010.
Zebua E. Buku Ajar Dan Perangkat Pembelajaran KEWIRAUSAHAAN. Padang: padang Panjang press, 2017.
Published
2023-07-31
How to Cite
Kusni, M. (2023). Strategi Gereja Menciptakan Kemandirian Ekonomi melalui Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Jemaat. PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan, 14(1). https://doi.org/10.56438/pneuma.v14i1.86
Section
Articles