Pendampingan Pastoral terhadap Wanita sebagai Orang tua Tunggal dalam Pendidikan, Kerohanian, dan Kehidupan Sosial Anak di Era Pandemi Covid-19

  • Markus Kusni Sekolag Tinggi Teologi STAPIN Majalengka
Keywords: Covid 19, Kehidupan Sosial Anak, Kerohanian, Orang Tua, Pendidikan, Pendampingan Pastoral, Wanita

Abstract

Abstrak: Pandemi covid-19 membuat wanita sebagai orangtua tunggal mengalami berbagai masalah dan pergumulan dalam mendampingi anak dalam hal Pendidikan, kerohanian dan kehidupan sosialnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan pendampingan pastoral diberikan kepada para orangtua terkusus wanita sebagai orangtua tunggal supaya mampu melewati dan menghadapi segala keadaan terlebih di masa sulit terkait dengan mendidik anak.  Artikel ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui artikel dan sumber bacaan lainnya yang membahas topik yang sama, data yang terkumpul diuraikan untuk menyelesaikan pokok penelitian. Hasil penelitian ini adalah: pertama, Pendampingan pastoral diberikan kepada wanita sebagai orangtua tunggal untuk menghadapi masa sulit mulai dari sejak dia memerankan diri sebagai kepala keluarga sejak kematian suaminya. Kedua, Pendampingan pastoral diberikan kepada wanita sebagai orangtua tunggal dalam pemenuhan kebutuhan anak baik, pendidikan, kerohanian dan kehidupan sosial anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendampingan pastoral terhadap wanita sebagai orangtua tunggal apabila diberikan sedini mungkin akan menolong banyak orangtua dalam mendampingi dan mendidik anak-anak mereka walaupun dalam masa sulit sekalipun.

References

Agusriani, Ade, and Mohammad Fauziddin. “Strategi Orang tua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 1729–1740.

Alfian Harbiyanto. “Self Disclosure Perempuan Sebagai Orang tua Tunggal (Studi Kasus Pada Istri Yang Di Selingkuhi Di Kelurahan Nangameting, Kecamatan Alok Timur).” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6, no. 3 (2020): 295–307. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/article/view/23921.

Angin, Yakub Hendrawan Perangin, Tri Astuti Yeniretnowati, and Yonatan Alex Arifianto. “Peran Keluarga Kristen Untuk Bertahan Dan Bertumbuh Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Disrupsi Dan Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Rahmat 6, no. 2 (2020): 128–141.

Athoillah Islamy, Nurul Istiani. “Aktualisasi Nilai-Nilai Profetik Dalam Pendidikan Keluarga Di Tengah Pandemi.” Mawaiszh 11, no. 2 (2020): 169–187.

Azhari, T.Bahari, YUlfah, M D. “Pelaksanaan Fungsi Keluarga Dalam Mendidik Anak Pada Keluarga Broken Home Di RW 04 Kelurahan Tanjung Hulu.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (2019): 1–8.

Beatriz Sanchez Mózo. “Peran Orang Tua.” Journal of Chemical Information and Modeling 9 (2017): 1689–1699.

Cahyati, Nika, and Rita Kusumah. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Golden Age 4, no. 1 (2020): 4–6.

———. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19.” Golden Age 4, no. 1 (2020): 4–8.

Danang Setyo A, Ferdinan Sasmita, Dkk. “Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Selama Pelajar Pada Masa Pandemi Covid-19.” UNS Semarang, no. October (2021). https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/pentingnya-menjagakesehatan-mental-selama-pandemi.

Duncan, Larissa G, Æ J Douglas Coatsworth, and Mark T Greenberg. “A Model of Mindful Parenting : Implications for Parent – Child Relationships and Prevention Research.” Clinical Child Family Psychology Review (2009): 255–270.

Elieser R Marampa. “Peran Orang tua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik.” Sesawi: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2021): 100–115.

Era Rahmah Novie Ahsyari. “Kelelahan Emosional Dan Strategi Coping Pada Wanita Single Parent (Studi Kasus Single Parent Di Kabupaten Paser).” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 2, no. 3 (2014).

Fadlillah, M. Pendidikan Anak Usia Dini, Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, Dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana, 2014.

Fitriani Ayuwanty, Nandang Mulyana, Moch Zainudin. “Prestasi Belajar Anak Dengan Orang Tua Tunggal (Kasus Anak Yang Diasuh Oleh Ayah).” Jurnal Pekerjaan Sosial 1, no. 2 (2018): 148–157.

Harahap, Saripah Anum, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. “Problematika Pembelajaran Daring Dan Luring Anak Usia Dini Bagi Guru Dan Orang Tua Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 1825–1836.

Haryono, Timotius. “Model Pemuridan Berbasis Keluarga Era New Normal Pandemi Covid-19.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 2 (2021): 307–324.

Hasanah, Tyas Diana Uswatun, and Erlina Listyanti Widuri. “Regulasi Emosi Pada Ibu Single Parent.” Jurnal Psikologi Integratif 2 (2014): 86–92.

Herianto Sande Pailang. “Membangun Spiritual Remaja Masa Kini Berdasasrkan Amsal 22:6” (n.d.): 59–86.

Husin, Husin, and Sawitri Sawitri. “Covid-19 : Tingkat Stres Belajar Anak-Anak Di Daerah Terpencil.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 2 (2021): 101.

Ichsan, Ahmad Shofiyudin. “Pandemi Covid-19 Dalam Telaah Kritis Sosiologi Pendidikan.” Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan 7, no. 2 (2020): 98–114.

Iftitah, Selfi Lailiyatul, and Mardiyana Faridhatul Anawaty. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” Journal of Childhood Education 4, no. 2 (2020): 71–81.

ISMAIL. “Pentingnya Sosialisasi Bagi Anak (Studi Kajian Sosiologi Pendidikan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–1699.

Kristanto. “Pengaruh Disiplin Kerohanian Orang Tua Terhadap Formasi Kerohanian Anak.” Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan 8, no. 3 (2019): 41–46.

Kurniati, Euis, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, and Fitri Andriani. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 241.

Kusrahmadi, S. “Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Anak Sekolah Dasar.” Dinamika Pendidikan (2007): 118–129. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Pendidikan

Moral Anak SD ABC 21 April sangat penting.pdf.

Kusuma, Lia, Dimyati, and Harun. “Perhatian Orang Tua Dalam Mendukung Keterampilan Sosial Anak Selama Pandemi Covid-19.” Obsesi 6, no. 1 (2022): 473–491.

Layliyah, Zahrotul. “Perjuangan Hidup Single Parent.” Jurnal Sosiiologi Islam 3, no. 1 (2013): 88–102. jsi.uinsby.ac.id/index.php/jsi/article/view/35/32%0A.

Listiyanto, Budi Dwi. “Agresivitas Remaja Yang Memiliki Orang Tua Tunggal (Single Parent) Wanita.” Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma (2008): 1–21.

Maemunawati, Siti, and Muhammad Alif. Peran Guru, Orang Tua, Metode Dan Media Pembelajaran: Strategi KBMdi Masa Pandemi Covid-19. Serang: Penerbit 3M Media Karya Serang, 2020.

Meryland, Suryati, and Solina Emmy. “Peran Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal Dalam Mendidik Anak Di Desa Lancang Kuning Utara.” Jurnal Masyarakat Maritim 3, no. 2 (2019): 2019.

Miftah Nurul Annisa, Ade Williah dan Nia Rahmawati. “Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital.” Bintang: Pendidikan dan Sains 2, no. April 2020 (2020): 35–48. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10159.

Muhamad Shaleh Assingkily, Miswar. “URGENSITAS PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK USIA DASAR (Studi Era Darurat Covid 19).” Tazkya 9, no. 2 (2020): 92–107. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919.

Nandwijiwa, Vujja, and Prima Aulia. “Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi COVID-19.” Pendidikan Tambusai 4 (2020): 3145–3151.

Nasution, Inom, and Suharian. “Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19.” Visipena 11, no. 2 (2020): 266–280.

Nunung Syahmala. “Perempuan Orang tua Tunggal Dalam Pelaksanaan Fungsi Keluarga Di Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai.” JOM Fisip 2, no. 2 (2015): 1–14.

Nurfitri, Dara, and Siti Waringah. “Ketangguhan Pribadi Orang Tua Tunggal : Studi Kasus Pada Perempuan Pasca Kematian Suami.” Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) 4, no. 1 (2019): 11.

Pranandari, K. “Kecerdasan Adversitas Ditinjau Dari Pengatasan Masalah Berbasis Permasalahan Dan Emosi Pada Orang tua Tunggal Wanita.” Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma 1, no. 2 (2008): 98147.

Pratiwi, Mutia Rahmi, and Wulan Herdiningsih. “Peran Pengawasan Orang tua Pada Anak Pengguna Media S Osial.” Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan 22, no. 1 (2018): 37–57.

Primayuni, Succy. “Kondisi Kehidupan Wanita Single Parent.” SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling 3, no. 1 (2018): 17.

R, Nur Djazifah E. “Keluarga Sebagai Titik Awal Perkembangan Sosial Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 6 (2007): 23–42.

Rafflesia, Manna. “Peran Orantua Dalam Pertumbuhan Spiritualitas Anak: Sebuah Studi Eksegetis Efesus 6:1-4.” Articel 2, no. April (2018): 126.

Saragih, Albet, and Johanes Waldes Hasugian. “Model Asuhan Keluarga Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teruna Bhakti 3, no. 1 (2020): 1.

Singgih D. Gunarsa. Psikologi Perkembangan. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1981.

Sundari, S., and S. A. Yoridho. Langkah Kakiku Setelah SMA. Jakarta: Publica Institue Jakarta, 2018.

Tampubolon, Febriana, Rosa Ramayani Purba, and Universitas Negeri Medan. “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Di Masa Pandemi Covid-19.” In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021, 2021.

Teologi, Jurnal, Agama Kristen, and Handreas Hartono. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen” 2, no. 1 (2014): 62–69.

Titiane Pitasari, Rudi Cahyono. “Coping Pada Ibu Yang Berperan Sebagai Orang tua Tunggal Pasca Kematian Suami.” JURNAL Psikologi Pendidikan dan Perkembangan 3, no. 1 (2014): 37–41.

Trisnawati, Wahyu, and Sugito Sugito. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Era Covid19.” Jurnal Obsesi :

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 823–831.

Untung, Naftali, Rafael Oktovianus Tanonggi, and John Riwu Pekuwali. “Komsel Pemuridan Kreatif Pemuda Gbi

Bukit Sion.” Jurnal PKM Setiadharma 2, no. 2 (2021): 91–99.

Utari, Rizki, and H Razif. “Upaya Keluarga Orang tua Tunggal Dalam Mempertahankan Ekonomi Keluarga Di Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu.” Jom Fisip 1, no. 1 (2014): 1–15.

Wijiati, Maria. “Volume 5 | Nomor 2 | September 2020 Strategi Mengomunikasikan Injil Kepada Generasi Mileneal” 5, no. September (2020): 107–117.

Published
2022-07-30
How to Cite
Kusni, M. (2022). Pendampingan Pastoral terhadap Wanita sebagai Orang tua Tunggal dalam Pendidikan, Kerohanian, dan Kehidupan Sosial Anak di Era Pandemi Covid-19 . PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan, 13(1), 47-58. https://doi.org/10.56438/pneuma.v13i1.67
Section
Articles