Pemberdayaan Jemaat Sebagai Strategi Gereja dalam Mempersiapkan Guru Sekolah sebagai Generasi Penerus di Era Digitalisasi

  • Eben Munthe Sekolah Tinggi Alkitab Penyebaran Injil (STAPIN) Majalengka
Keywords: Digitalisasi, Guru, Gereja, Generasi Penerus

Abstract

Abstract: The teacher is a very noble profession and plays an important role in preparing a future generation, especially in the digitalization era so that the church in carrying out the Great Commission of Christ, which is to make all nations become disciples of Jesus, has a responsibility to empower existing resources, namely the congregation as one of the strategies that can be implemented. the church is doing in preparing the congregation as school teachers so that they can educate students as the next generation of the church in particular and the next generation of the Indonesian nation in this digitalization era so that later they can be useful for the nation and state and the church. The writing methods used are qualitative research methods and library research, namely collecting materials from various sources such as books, articles and other reading materials that can be used as references for writing this article.Abstrak: Frofesi seorang Guru adalah  sangat mulia dan sangat berperan penting dalam mempersiapkan sebuah generasi mendatang terutama di era digitalisi sehingga gereja dalam melaksanakan Amanat AgungNya yaitu menjadikan semua bangsa menjadi murid Yesus memiliki tanggung jawab dalam memberdayakan sumber daya yang ada yaitu jemaat sebagai salah satu strategi yang gereja lakukan  dalam mempersiapkan jemaat sebagai guru sekolah sehingga dapat mendidik murid-murid sebagai generasi Penerus gereja pada khususnya dan generasi penerus bangsa Indonesia di era digitalisasi ini sehingga kelak mereka  bermanfaat bagi bangsa dan negara serta gereja. Metode penulisan yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dan perpustakaan (library research) yaitu mengumpulkan  dari berbagai sumber seperti buku-buku, artikel-artikel dan bahan-bahan bacaan lainnya yang dapat dijadikan referensi bagi penulisan artikel ini.

References

A. Hasan Saragih. “‘Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar.’” Jurnal Tabularasa PPS Unimed 5, no. 1 (2008): 27.

Agus Kala’ Padang and Ivan Thorstein Weismann. “‘Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP PGRI Marinding Kelas II’” (2019): 143–149.

Andar Gultom and Saur Hasugian. “Profesionalisme Standar Kompetensi Dan Pengembangan Profesi Guru PAK.” Bandung: Bina Media Informasi, 2007.

Ardianto Lahagu. “‘Menyikapi Tantangan Dan Harapan PAK Dalam Masyarakat Majemuk.’” Real Didach 1, no. 2 (2016): 95–115.

Bangun Munthe. “‘Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa.’” Dinamilka 9, no. 3 (2016): 125–138.

E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesiona. 9th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Guru Kelas.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 36–46.

Ferdinan, Bherton. “Peranan Gembala Dan Strategi Penggembalaan Dalam Meningkatkan Pembinaan Jemaat.” STELLA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 45–56.

Gunawan, Indra. “Hubungan Sebab Akibat Ungkapan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Terhadap Identitas Dan Kesejahteraan Guru Di Indonesia.” Pedagogia 16, no. 2 (2018): 123.

H. Akhyak. Profil Pendidik Sukses. Surabaya: ELKAF, 2005.

H. Suwardhana. “Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental.” ATI UNIK 1, no. 2 (2017): 102–110.

Haryono, Timotius. “Model Pemuridan Berbasis Keluarga Era New Normal Pandemi Covid-19.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 2 (2021): 307–324.

John M. Nainggolan. Guru Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media, 2006.

Kadarmanto, Mulyo. “‘Dimensi Misi Eskatologis Dalam Pendidikan Kristen.’” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 69–81.

Kebudayaan, Departemen pendidikan dan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1993.

E. Munthe: Pemberdayaan Jemaat Sebagai Strategi Gereja…

Kembuan, Lexie Adrin, and I Wayan Sudarma. “Pemberdayaan Potensi Jemaat Dalam Membangun Gereja Misioner.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 87–101.

Lenda Debora Sagala. “‘Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Sosial.’” Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen (2017).

Lintong, Lisna, and Sarce Rien Hana. “Pengaruh Keteladanan Guru Sekolah Minggu Terhadap Perkembangan Karakter Anak Sekolah Minggu Gereja Toraja Mamasa Bukit Harapan Moncongloe” (n.d.): 73–79.

Munthe, Eben. “Mengoptimalkan Karunia Dalam Jemaat Untuk Melakukan Misi Amanat Agung Di Era 4.0.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 3, no. 2 (2019): 133.

Naning Dwi Wahyuni dan Sri Rejeki. ““Pola Pendidikan Karakter Usia Dini Di TK Pertiwi XVI Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul T.P. 2013/2014",” 2014.

Noh Ibrahim Boiliu. “‘Misi Pendidikan Agama Kristen Dan Problem Moralitas Anak.’ Jurnal Pendidikan Agama Kristen (Regula Fidei) 1, no. 1 (2016): 115–140.

Oci, Markus. “Implikasi Misiologi Dalam Pengembangan Kurikulum Agama Kristen Di Gereja Lokal.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2019).

Purwoto, Paulus. “Pendidikan Kristen Dalam Gereja Sebagai Dasar Dan Sarana Aktualisasi Misi Kristen.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (2021): 89–101.

Sardiman. “‘Doc 16,’ in Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar,” 2007.

Sianipar, Desi. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020): 73–92.

Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: kalam hidup, 2017.

Simorangkir, Nisma, and Dosen STAKN Tarutung. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik Melalui Proses Pembelajaran.” Jurnal Saintech 05, no. 01 (2013): 39–44.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukarna. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju, 2011.

Sukmana, Daniel Gerri Tedja, and Aji Suseno. “‘Penginjilan Dalam Konteks Pendidikan Agama Kristen Di Tengah Masyarakat Majemuk.’” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2020): 72–83.

Sumual, Ferry J. N dan Palempung, Franty faldy. “Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Motivasi Belajar Siswa Ferry.” Lentera Nusantara 1, no. 1 (2021): 48–60.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peran Gembala Sidang Sebagai Pendidik Dalam Pertumbuhan Rohani Jemaat.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 2 (2019): 362–387.

———. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231.

Tulung, Jeane Marie, Achmad Syahid, Yanice Janis, and Yan O. Kalampung. Generasi Milenial: Diskursus Teologi, Pendidikan, Dinamika Psikologis Dan Kelekatan Pada Agama Di Era Banjir Informasi. 1st ed. Depok: RAJAGRAFINDO PERSADA, 2019.

Published
2022-07-30
How to Cite
Munthe, E. (2022). Pemberdayaan Jemaat Sebagai Strategi Gereja dalam Mempersiapkan Guru Sekolah sebagai Generasi Penerus di Era Digitalisasi. PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan, 13(1), 1-12. https://doi.org/10.56438/pneuma.v13i1.66
Section
Articles