Persepsi Pendeta Jemaat tentang Urgensi Manajemen Program Pelayanan Gereja Lokal

  • Jannes Eduard Sirait Sekolah Tinggi Teologi Bethel Indonesia, Jakarta

Abstract

The importance of management of church service programs is (1) to ensure the management of local church services goes well; (2) subsequently to achieve maximum service efficiency; and (3) managing the service stages and continuity of various service programs in the local church. Local church service program management talks about how the form of church service management (program) is intended for the congregation. This service program management is needed because there is a desire that the congregation can continue to experience new things through service so that it can bring them to service satisfaction and faith growth. This research belongs to the type of qualitative research and exploratory description combined with discourse analysis, data sources and data analysis techniques. The object of this research is local churches and the informants determined are church leaders who are considered to know and understand the management of church service programs. So this research is observing people (social situations) in their environment. So, this research is intended to understand the social situation of research in more depth and try to find patterns and theories. The results of the study found to indicate the urgency of program management in achieving the goals of church services. Abstrak Pentingnya manajemen program pelayanan gereja adalah (1) untuk memastikan pengelolaan pelayanan gereja lokal berjalan dengan baik; (2) selanjutnya untuk mencapai efisiensi pelayanan yang maksimal; dan (3) mengelola tahapan-tahapan pelayanan dan kesinambungan berbagai program pelayanan di gereja lokal. Manajemen program pelayanan gereja lokal berbicara mengenai bagaimana bentuk pengelolaan pelayanan (program) gereja yang diperuntukkan bagi jemaat. Manajemen program pelayanan ini dibutuhkan karena adanya kerinduan agar jemaat terus dapat mengalami hal-hal baru melalui pelayanan sehingga mampu membawa mereka kepada kepuasan pelayanan dan pertumbuhan iman. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif dan bersifat deskripsi eksploratif yang dikombinasikan dengan analisis wacana, sumber data dan teknik analisis data. Objek penelitian ini adalah gereja-gereja lokal dan informan yang ditetapkan adalah pemimpin gereja yang dianggap tahu dan paling paham tentang manajemen program pelayanan gereja. Sehingga penelitian ini adalah mengamati orang (situasi sosial) dalam lingkungannya. Maka, penelitian ini dimaksudkan untuk memahami situasi sosial penelitian secara lebih mendalam dan berusaha menemukan pola serta teori. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan adanya urgensitas manajemen program dalam mencapai sasaran pelayanan gereja.

References

Akal, Jones Yunny. Manajemen Gereja: Pemimpin Efektif, Jakarta: IFTK Jaffray Jakarta, 2006

Anwari, M.S. Peranan Penatalayanan dalam Pengembangan Jemaat, Malang: Gandum Mas, 1984.

Charis, Edwin. Menyusun Program Gerejawi bagi Pemula, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000

Gaspersz, Vincent. Total Quality Management, Jakarta: Gramedia, 2005

Gie, Liang, The. Pengertian, Kedudukan dan Perincian Ilmu Pelayanan Gereja, Yogyakarta: Supersukses, 1982

Jenson, Ron dan Steven, Jim. Dinamika Pertumbuhan Gereja, Malang: Gandum Mas, 1996

Mahoney, Ralph. Pembentukan Seorang Pemimpin, Burbang: World Missionari Assistence Plan Glenoaks, [t.th]

Nasution, Irwan. Manajemen, Jakarta: Quantum Teaching, 2005

Nasution, M.N. Manejemen Mutu Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2005

Octavianus, P. Manajemen dan Kepemimpinan Menurut Wahyu Allah, Malang: Gandum Mas, 1994

Pidarta, Made. Manajemen Pelayanan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1876

Powers, P. Bruce. Christian Education Hand Book, Tennesee: Broadman & House Publishers

Rush, Myron. Manajemen Prima Suatu Ancangan Pribadi, Jakarta: Yayasan Pekabaran Injil IMMANUEL, [T.th].

Senduk, H.L. Ekonomi Allah dalam GerejaNya, Jakarta: Yayasan Bethel, [t.th]

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2008

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Susabda, B. Yakub. Prinsip-Prinsip Pertimbangan Utama dalam Pelayanan Administrasi Gereja, Malang: Gandum Mas, 1994

Tim Dosen Pelayanan gereja Pelayanan Universitas Pelayanan Indonesia, Manajemen Pelayanan, Bandung: Alfabeta, 2012

Tomatala, Yakob. Kepemimpinan Yang Dinamis, Jakarta: YT Leadership Foundation, 1997

Veldhuizen, Yoh. Pelayanan Administrasi Gereja, Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1994

Walz, Edgar. Bagaimana Mengelola Gereja Anda Pedoman Bagi Pendeta dan Pengurus Awam, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004

Wiyono, Untung. Andreas dan Sukardi, Manajemen Gereja Dasar Teologis dan Implementasi Praktisnya, Bandung: BMI, 2010

Yin, Robert K. Studi Kasus Desain dan Metode, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008

Published
2021-04-05
How to Cite
Sirait, J. E. (2021). Persepsi Pendeta Jemaat tentang Urgensi Manajemen Program Pelayanan Gereja Lokal. PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan, 11(2), 118-131. Retrieved from https://stapin.ac.id/e-journal/index.php/pneumatikos/article/view/29
Section
Articles